Langsung ke konten utama

Membuka Kunci Motivasi dengan NLP

Salah satu pembahasan yang sangat menarik dalam NLP adalah Meta Program dengan mengusai meta program kita akan sangat efektif mengetahui gaya atau sumber Motivasi diri sendiri maupun orang lain.

Pernahkah kita pernah begitu susah meminta anak kita untuk belajar maupun mandi ? Pernahkita merasa begitu prustasi karna karyawan anda susah di motivasi,padahal sudah di peringatkan berkali kali ? Atau menemukan diri begitu termotivasi di hal tertentu tapi begitu malas mengerjakan hal lain padahal itu cukup penting !! 

Meta program adalah cara untuk meningkatkan kesadaran diri dan lebih memahami orang-orang di sekitar kita. kita dapat menggunakannya untuk memperbaiki cara Anda berkomunikasi dengan diri sendiri maupun orang lain,untuk membantu meningkatkan efektivitas ketika berkomunikasi atau berbisnis dengan orang lain.

Menggunakan bahasa (kata-kata) yang sesuai dengan metaprogram seseorang akan mempermudah seseorang itu untuk mengerti dan menerima kata-kata kita. mempercepat proses dan kekuatan pada motivasi dan pengambilan keputusannya.

metaprogram merupakan suatu filter dalam pikiran manusia yang akan membentuk mental map, pola internal yang menentukan bagaimana seeorang membentuk representational system dan mempengaruhi prilakunya.

Mungkin anda bertanya apa itu Filter Pikiran ?
Mihaly Csikszentmihalyi, seorang ahli Biologi dari Hungaria menuliskan fakta-fakta menarik tentang stimulus yang masuk kepada diri manusia, informasi yang tangkap oleh panca indera dalam bukunya Flow (1990): The Psychology of Optimal Experience, terbitanNew York: Harper and Row; ISBN 0-06-092043-2. Beliau mengungkapkan bahwa sebagai manusia, kita terus-menerus mengambil informasi melalui panca indra kita dan memprosesnya pada tingkat rata-rata sekitar 2 juta bit informasi per detik. Sebagian besar penyerapan informasi ini dan asimilasinya berlangsung secara tidak sadar. Sadar mencoba untuk memproses semua informasi ini mungkin menyenangkan, tapi itu pasti akan berat bagi otak kita. Oleh karena itu sistem saraf kita melakukan pemfilteran terhadap informasi yang masuk dalam rangka untuk melihat dan memanfaatkan informasi yang relevan,dalam NLP salah satu Filter tersebut di sebut Meta Program yang menyaring Informasi agar pikiran tidak terjadi Hang atau eror. 
metaprogram bukanlah suatu sifat yang melekat pada seorang manusia secara terus menerus. Suatu metaprogram dalam konteks dunia kerja belum sama pada konteks saat di rumah. Contoh ketika urusan keluarga saya adalah tipe di mana menghindari Resiko sehingga saya akan sangat hati hati ketika mengambil keputusan berkaitan dengan keluarga. Tapi di dalam pekerjaan saya adalah tipe yang mengejar resiko,merasa tertantang dengan resiko resiko yang di hadapi.

Mengetahui metaprogram diri sendiri akan membantu kita untuk memperbaiki motivasi kita, sehingga kita bisa memicu motivasi kapanpun kita inginkan.

Meta program ini terbentuk dari pikiran dan perasaan yang muncul dalam diri kita secara berulang-ulang. Memahami Meta program adalah prasyarat mutlak bagi konselor, motivator, HRD, pengusaha, atasan dan siapa saja yang ingin melakukan profiling baik dalam rangka mencari solusi terhadap masalah seseorang, membangkitkan semangat dan prestasi, dan lain sebagainya. Hal ini juga dapat mengurangi beban atau kesalahan dalam menetapkan seseorang pada posisi tertentu.

Dalam literatur dikenal ada puluhan meta program. Setidaknya menurut Michael Hall ada 60 meta program dari hasil penelitiannya. Namun, kita coba melihatnya dari Rodger Bailey yang melakukan riset secara empiris dan universal, yang dinamakan LAB (Language and Behaviour) Profile. Adapun yang menjadi perhatiannya adalah struktur bahasa (language structure) seseorang. Marilah kita simak beberapa meta program :

1. Metaprogram Tingkatan Motivasi
Merupakan metaprogram yang berhubungan dengan tindakan, bagaimana tingkat motivasi seseorang. Diukur dengan cara memperhatikan apakah seseorang itu Proaktif atau Reaktif.

Jika seseorang Proaktif maka itu menunjukkan dirinya akan berprilaku tanpa menunggu adanya stimulus luar yang mendahuluinya. Sedangkan reaktif adalah sebaliknya.

2. Metaprogram Arahan Motivasi
Merupakan metaprogram yang menjelaskan bagaimana arah motivasi seseorang. Dibedakan dengan cara arah menuju (Toward) atau arah menghindari (Away). Seseoang dengan metaprogram Toward menunjukkan arah motivasinya cenderung menuju kearah tertentu, misal seseorang termotivasi karena ia mengejar keuntungan.

Sedangkan Away adalah metaprogram yang menunjukkan arah fokus orang yang menghindari sesuatu, misal seseorang menjadi termotivasi membeli komputer karena ingin menghindari ketinggalan jaman.

Program
Mendekati : Termotivasi Untuk mencapai Tujuan (Hal yang di inginkan)
Menjauhi    : Termotivasi untuk menghindari masalah (hal yang tidak di inginkan )

Kata yang Memotivasi
Mendekati :Memiliki,memperoleh,menjaga,keuntungan (kata – kata mendapatkan)
Menjauhi    :Mencegah,menghindari,tidak harus (kata kata yang menghindari resiko)

3. Metaprogram Sumber / Standar Tindakan
Merupakan metaprogram yang menunjukkan standar-standar yang dianut seseorang sebagai sumber motivasi. Dibedakan dalam 2 standar yakni Internal dan External.

Seorang dengan metaprogram Internal akan mengambil keputusan berdasarkan sumber standar/nilai-nilai dari dalam dirinya. Sedangkan seorang dengan metaprogram Internal akan mengambil keputusan berdasarkan sumber standar/nilai-nilai dari dalam dirinya.

Program
Internal         : Termotivasi untuk memutuskan berdasarkan standar di dalam dirinya.
Eksternal     : Termotivasi bila ada respon dari orang lain

Kata yang Memotivasi
Internal         : Anda perlu mempertimbangkanya,Hanya anda yang bisa memutuskanya.
Eksternal     : saya sangat merekomendasikanya,Banyak orang telah memekainya,sudah
                        banyak yang merasakan manfaatnya.

4. Metaprogram Landasan / Pola Kerja
Merupakan metaprogram yang mencerminkan pola kerja seseorang yang melandasi motivasinya. Dibedakan dalam 2 landasan, Opsi dan Prosedur. Orang dengan metaprogram Prosedur lebih suka melandasi pola kerjanya berdasarkan prosedur baku. Sementara itu orang dengan metaprogram opsi suka diberikan alternatif dalam pola kerjanya.

Program
Opsional       : Termotivasi untuk mengembangkan dan menciptakan system serta prosedur,kesulitan mengikuti kesuluruhan prosedur.

Prosedural   : Termotivasi untuk mengikuti cara cara yang sudah terbukti,Bingung bila tidak ada prosedur yang di jalankan

Kata yang Memotivasi
Opsional    : Kesempatan,variasi,Alternatif,pilihan dll (kebebesan untuk ber ekspresi)
Prosedural : Sudah ada Prosedurnya,caranya adalah…,konsisten,tinggal ikuti,sudah terbukti.(kepastian dan teratur) 

5. Metaprogram Faktor Motivasi
Merupakan metaprogram seseorang dalam menentukan faktor pembuatan perbandingan atas sesuatu. Ada tiga macam : persamaan, perbedaan dan persamaan dengan perbedaan.

Orang dengan metaprogram Persamaan, akan cenderung membandingkan dalam faktor-faktor persamaannya. Orang dengan metaprogram Perbedaan, akan cenderung membandingkan / mencari perbedaan. Orang dengan metaprogram Persamaan dalam Perbedaan, akan cenderung mencari Persamaan lantas membuat Perkecualiannya.

Program
Persamaan  : Mereka termotivasi untuk tetap tinggal pada situasi yang sama.
Persamaan dengan Pengecualian :
Mereka termotivasi untuk berubah seiring dengan perjalanan waktu
Perbedaan  : mereka termotivasi untuk berubah secara Drastis dan cepat

Kata kata yang Memotivasi
Persamaan : Persis sama,tidak ada perubahan,tetap,sama
Persamaan dengan Kekeculiaan : Progresif,tumbuh pelan – pelan,berkemabang maju
Perpedaan : Benar – benar beda,tidak seperti lainya,unik,berubah total. 

Meta program memberi alat dahsyat untuk berkomuniasi dan menghadapi orang lain. Akan tetapi masih banyak meta program yang lain yang tidak didiskusikan di sini, cobalah kenali berbagai meta program lain yang bisa ditemukan di sekitar anda.

Postingan populer dari blog ini

Anchor – Jangkar Emosi Manusia

Sebelum saya bahas tentang Ancor sebuah pembahasan yang sangat penting dalam NLP,anda boleh meng ingat ingat dengan pertanyaan yang saya ajukan Pernahkan  anda berusaha menghindar untuk bertemu seseorang,karna ketika ketemu orang tersebut emosi anda kurang nyaman ? atau sebaliknya anda ingin sering ketemu seseorang,karna setiap kali ketemu ada sensasi perasaan yang tak terlukiskan ?  Pernahkah anda ketika mendengarkan sebuah lagu,lalu seakan akan pikiran anda melayang ke masa lalu ?  Pernahkan ketika anda merasakan sebuah masakan tertentu menjadikan anda ingat kepada masakan ibu anda ?  Anchor  dalam NLP adalah suatu hal yang jika terjadi akan memicu suatu perasaan atau emosi tertentu. Dalam istilah psikologi klasik, anchor adalah suatu stimulus yang memicu reaksi khusus. Anchor dapat terjadi dengan sendirinya (alami), dapat pula di ciptakan secara sengaja. Di sekeliling kita ada banyak contoh anchor yang mempengaruhi keadaan emosi kita. Sebuah senyuman adalah contoh sederhan

State dalam NLP

State dalam NLP adalah suatu keadaan di mana pikiran, perasaan dan fisiologi tubuh yang saling berhubungan membentuk kondisi dalam diri Anda. Misalnya, state Anda dalam keadaan bersemangat tentu akan berbeda sekali dengan state Anda ketika dalam keadaan frustasi. State merupakan istilah yang sering ditemui dalam pembahasan NLP. State merujuk pada sejumlah proses neurological (gestalt of neurological processes) yang berlangsung pada diri seseorang yang terus berlangsung dari waktu ke waktu. Sebuah state adalah gabungan dari kondisi fisik dan mental yang mendasari seseorang dalam berperilaku. Selain itu, statedimana seseorang berada adalah merupakan reaksi bawah sadar terhadap apa yang dialami saat itu. State atau lengkapnya STATE OF MIND adalah keadaan menyeluruh antara tubuh dengan keadaan neurologisnya yang berupa pikiran, perasaan dan kecenderungan untuk bertindak bahkan tindakan. State ini akan saling mempengaruhi dengan posisi tubuh, pikiran, perasaan dan tindakan yang