Langsung ke konten utama

FRAME jadikan komunikasi lebih elegant

Saat ini kita akan membahasa salah satu pengetahuan dari NLP yang sangat penting yaitu FRAME bagaimana frame dan bingkai memberikan konteks atau fokus untuk pikiran dan tindakan yang menjadikan komunikasi kita lebih ter arah dan terfokus pada solusi yang kita harapkan mengemas komunikasi lebih elegan. 
Sama seperti bingkai foto menempatkan perbatasan atau batas pada apa yang dapat Anda lihat dalam gambar memperkuat kesan tergantung bingkai yang kita berikan, titik batas bingkai yang Anda pilih sebagai akibat dari keyakinan Anda tentang diri sendiri dan orang lain, peran yang dimilikinya dalam hidup, dan dirasakan sebagai keterbatasan Anda dalam keterampilan dan kemampuan, dapat membatasi apa yang Anda lihat. 

Mengubah kerangka pengalaman dapat memiliki pengaruh besar pada bagaimana Anda memandang, menafsirkan dan bereaksi terhadap pengalaman itu. Hal ini menggambarkan bagaimana perubahan dalam bingkai dapat memiliki dampak yang signifikan pada pilihan yang Anda buat. Mengubah kerangka acuan disebut reframing atau membingkai di NLP. 

Dengan menggunakan Frame yang ada di NLP, nantinya praktisi akan mampu membuat atau lebih tepatnya mengarahkan lawan bicara ketika ingin menggunakan komunikasi yang persuasive berikut contoh pola Frame yang bisa anda gunakan. 

Outcome Frame 
Frame yang berorientasi pada outcome atau tujuan,mengevaluasi suatu hal tentang kemungkinan yang mendekatkan pada tujuan yang ingin kita capai. 
Anda bisa bertanya : 
  • Apakah sebenarnya apa yang saya inginkan ? 
  • Apa Target yang hendak di capai ? 
  • Apa saja hal bisa kita raih ? 
Sebelum kita membuat Outcome Frame alahkah baiknya kita mempertimbangkan terlebih dahulu Ecolgy Frame sehingga apa yang hendak kita raih kita capai sudah di pertimbangkan dampak negative maupun postifnya sehingga tidak merugikan diri secara jangka panjang maupun merugikan orang lain. 

Ecology Frame 
Frame yang mengacu pada pertimbangan ekologis terhadap diri sendiri maupun lingkungan yang mengajak kita untuk melihat dampak secara panjang,mengajkan agar bisa melihat lebih luas dari tujuan tujuan kita,apakah dampak bagi diri sendiri,bagi keluarga,bagi orang lain,bagi lingkungan dan hokum hukum baik hukum Negara maupun hukum agama yang kita anut. 
Dengan mempertmbangkan ecology,kita bisa bertanya 
  • Apakah hal ini merugikan orang lain ? 
  • Apa dampak secara jangka panjang ? 
  • Siapa dan apa saja yang terkena dampak dari keputusan yang kita buat ? 
Contoh ecolgy Frame di gunakan dalam kampanye berhenti merokok dan hal ini juga selalu kita gunakan untuk mempertimbangkan keptusan keputusan kita secara jangka panjang. 

Evidence Frame 
dengan Frame ini kita di ajak untuk berpikir dan melihat pada kenyataan,kongkrit dan bisa di buktikan. 
  • Persisnya seperti apa hasil yang di inginkan ? 
  • Buktinya apa jika hal ini sukses ? 
  • Buktinya apa jika hal ini baik ? 
  • Tepatnya berap jika target ini perpenuhi ? 
As-if Frame 
Frame yang ditujukan kepada lawan bicara dengan menggunakan sebuah pengandaian,Frame ini berguna terutama kita hendak menyelesaikan masalah,menggunakan Frame ini bisa mengesplorasi kemungkinan kemungkinan yang belum kita lihat sebelumnya. 
  • Bagaimana rasanya seandainya ini berhasil ? 
  • Seandanya ini berhasil apa saja yang perlu kita lakukan ? 
  • Bisakah kita merasakan jika ini sukses ? 
Dengan menggunakan Is I Frame kita di ajak untuk berpiir tentang gambaran apa yang bisa di lakukan apa yang bisa di dapatkan hal ini memperluas sudut pandang. 

Contrast Frame : 
Frame yang disampaikan kepada lawan bicara dengan memberikan sebuah polaritas secara kontras.”Berpikir beda”NLP bukan sekedar berbeda namun bagaimana Beda yang membedakan,apa yang membedakan NLP Fokus pada sumber daya bukan sekedar berbeda dari kondisi Unresourceful menjadi resourceful. 
Kita bisa bertanya : 
  • Apa persisnya yang membuat anda berbeda dari orang lain ? 
  • Apa Nilai unggul yang membedakan dengan produk lain ? 
  • Apa Variasi yang bisa kita buat ? 
Backtrack Frame : 
Frame yang digunakan untuk memberikan suatu batasan pada sebuah konteks pembicaraan serta bersifat penegasan sekaligus memmbangun raport agar lebih akrab dengan orang yang kita ajak komunikasi karna merasa di pahami. 

Kita bisa membuat peryataan dan pertanyaan : 
  • Jadi maksudmu adalah,…? 
  • Bisakah saya ambil kesimpulan sejauh ini bahwa.. 
Tentunya anda sudah memahami pentingya belajar Frame seperti arah pembicaraan yang sering kita lakukan biasanya pembicaraan tanpa frame yang jelas akan menjadikan pembicaraan kita ngalantur tanpa tujuan yang jelas,pernahkan kita berkumpul dengan teman teman kita dimana kita akan membicarakan semua hal tidak jelas ? inilah contoh tanpa Frame. Dengan pola pola Frame pembiraaan kita menjadi lebih ter arah dan memiliki Outcome yang jelas,terus belajar dan makin produktif. 

Postingan populer dari blog ini

Anchor – Jangkar Emosi Manusia

Sebelum saya bahas tentang Ancor sebuah pembahasan yang sangat penting dalam NLP,anda boleh meng ingat ingat dengan pertanyaan yang saya ajukan Pernahkan  anda berusaha menghindar untuk bertemu seseorang,karna ketika ketemu orang tersebut emosi anda kurang nyaman ? atau sebaliknya anda ingin sering ketemu seseorang,karna setiap kali ketemu ada sensasi perasaan yang tak terlukiskan ?  Pernahkah anda ketika mendengarkan sebuah lagu,lalu seakan akan pikiran anda melayang ke masa lalu ?  Pernahkan ketika anda merasakan sebuah masakan tertentu menjadikan anda ingat kepada masakan ibu anda ?  Anchor  dalam NLP adalah suatu hal yang jika terjadi akan memicu suatu perasaan atau emosi tertentu. Dalam istilah psikologi klasik, anchor adalah suatu stimulus yang memicu reaksi khusus. Anchor dapat terjadi dengan sendirinya (alami), dapat pula di ciptakan secara sengaja. Di sekeliling kita ada banyak contoh anchor yang mempengaruhi keadaan emosi kita. Sebuah senyuman adalah contoh sederhan

State dalam NLP

State dalam NLP adalah suatu keadaan di mana pikiran, perasaan dan fisiologi tubuh yang saling berhubungan membentuk kondisi dalam diri Anda. Misalnya, state Anda dalam keadaan bersemangat tentu akan berbeda sekali dengan state Anda ketika dalam keadaan frustasi. State merupakan istilah yang sering ditemui dalam pembahasan NLP. State merujuk pada sejumlah proses neurological (gestalt of neurological processes) yang berlangsung pada diri seseorang yang terus berlangsung dari waktu ke waktu. Sebuah state adalah gabungan dari kondisi fisik dan mental yang mendasari seseorang dalam berperilaku. Selain itu, statedimana seseorang berada adalah merupakan reaksi bawah sadar terhadap apa yang dialami saat itu. State atau lengkapnya STATE OF MIND adalah keadaan menyeluruh antara tubuh dengan keadaan neurologisnya yang berupa pikiran, perasaan dan kecenderungan untuk bertindak bahkan tindakan. State ini akan saling mempengaruhi dengan posisi tubuh, pikiran, perasaan dan tindakan yang

Membuka Kunci Motivasi dengan NLP

Salah satu pembahasan yang sangat menarik dalam NLP adalah Meta Program dengan mengusai meta program kita akan sangat efektif mengetahui gaya atau sumber Motivasi diri sendiri maupun orang lain. Pernahkah kita pernah begitu susah meminta anak kita untuk belajar maupun mandi ? Pernahkita merasa begitu prustasi karna karyawan anda susah di motivasi,padahal sudah di peringatkan berkali kali ? Atau menemukan diri begitu termotivasi di hal tertentu tapi begitu malas mengerjakan hal lain padahal itu cukup penting !!  Meta program adalah cara untuk meningkatkan kesadaran diri dan lebih memahami orang-orang di sekitar kita. kita dapat menggunakannya untuk memperbaiki cara Anda berkomunikasi dengan diri sendiri maupun orang lain,untuk membantu meningkatkan efektivitas ketika berkomunikasi atau berbisnis dengan orang lain. Menggunakan bahasa (kata-kata) yang sesuai dengan metaprogram seseorang akan mempermudah seseorang itu untuk mengerti dan menerima kata-kata kita. mempercepat proses dan