Langsung ke konten utama

Raport Building - Membangun Keakraban


kira – kira kepada siapa anda berani menyampaikan/menceritakan masalah yang anda hadapi ? jika anda di nasehati siapa orang yang paling anda dengarkan ? ketika anda membeli kepada siapa yang akan membeli barang yang anda butuhkan ? Tentunya bukan sekedar kepada orang yang anda kenal bukan namun orang yang anda Percayai/Trust

Berkomunikasi,belajar,bertransaksi maupun berhubungan keseharian pastinya kita akan memilih terlebih dahulu kepada orang yang kita kenal dan kita percaya atau yang di sebut dengan Trust, kepercayaan dapat di bangun melalui keakraban (Raport).

Raport dimana kondisi saling terhubung atau merasa ada kedekatan hubungan,misalnya kita pergi ke sebuah kota lalu kita bertemu seseorang yang awalnya tidak kenal setelah kenalan ko teryata dari kota yang sama,biasanya kekaraban begitu mudah di bangun karna merasa ada kesamaan.

Tujuan membangun keakraban hubungan ( Raport ) 

1. Mempermudah komunikasi dan meminimalkan hambatan komunikasi

Kita sangat sering bertemu dengan seseorang yang tak di kenal lalu kita coba berbincang atau sekedar menyapa,mungkin pada saat awal perbincangan yang kita lakukan hanyalah sambil lalu karna belum terjalin raport,atau seorang guru yang memberikan materi namun siswa asik dan ngobrol sendiri karna belum terjalin raport,banyak komunikasi yang kita lakukan namun kurang efektif di sebabkan raport belum terjalin dengan baik. 

2. Membangun Kepercayaan ( Trust)

Tujuan dari membangun raport agar terjalin keakraban dan terjadi saling percaya sehingga dari hal tersebut tujuan dari komunikasi dan melangkah ke tahap selanjutnya lebih mudah, mudah akrab bahkan mudah terjadi sebuah transaksi bisnis.

Dalam komunikasi menunjukan ada suatu informasi yang dikirim dan diterima, dan ternyata setiap informasi yang diterima oleh lawan bicara (Komunikan) memberikan suatu respon secara tidak sadar. Respon secara tidak sadar John Grinder meyebutnya (Unconscious Responsiveness) yaitu ketika seseorang merespon anda secara non verbal melalui gerakan tubuh atau intonasi suara yang terjadi secara unconsius.

Lalu bagaiaman caranya membangun Raport ?

Dalam membangun rapport, NLP memperkenalkan tahapanya pacing dan leading, 

Pacing : Menyamakan / Menyelaraskan - Bisa menyamakan pembicaraan tentang hobi,makanan,pendidikan,keluarga,pekerjaan dll

Menyelerasaaskan bisa saja menyamakan bahasa tubuh,pola nafas,bahkan memahami keyakinanya.

Hal terpenting yang perlu kita ketahui adalah ketika melakukan proses Matching atau Mirroring lakukan dengan sangat natural. Bahkan tidak semua gerakan lawan bicara wajib kita ikuti. Biarkan proses tersebut berjalan secara alami. 

kerangka membangun komunikasi yang baik, adalah sebagai berikut:

Pacing —> Calibration —> Leading

Calibration / kalibrasi : Merupakan tolok ukur untuk menentukan saat yang tepat untuk Memimpin.Pada saat yang tepat lakukan perubahan posisi atau gerakan tubuh secara tiba-tiba dan perhatikan apakah lawan bicara melakukan gerakan yang kurang lebih sama (mengikuti) dengan apa yang kita lakukan. Lakukan hal ini kurang lebih 3 (tiga) kali dengan adanya jeda waktu. Jika lawan bicara sudah mulai mengikuti gerakan kita, berarti sudah terjalin raport dan selanjutnya 

Leading : Memimpin. Tujuan dari komunikasi adalah leading (memimpin) arah komunikasi,dalam komunikasi dengan hal ini kita akan lebih mudah melakukan penjualanan maupun memberikan arahan atau apapun yang paling penting sudah terjalin Trust terlebih dahulu.

Postingan populer dari blog ini

Anchor – Jangkar Emosi Manusia

Sebelum saya bahas tentang Ancor sebuah pembahasan yang sangat penting dalam NLP,anda boleh meng ingat ingat dengan pertanyaan yang saya ajukan Pernahkan  anda berusaha menghindar untuk bertemu seseorang,karna ketika ketemu orang tersebut emosi anda kurang nyaman ? atau sebaliknya anda ingin sering ketemu seseorang,karna setiap kali ketemu ada sensasi perasaan yang tak terlukiskan ?  Pernahkah anda ketika mendengarkan sebuah lagu,lalu seakan akan pikiran anda melayang ke masa lalu ?  Pernahkan ketika anda merasakan sebuah masakan tertentu menjadikan anda ingat kepada masakan ibu anda ?  Anchor  dalam NLP adalah suatu hal yang jika terjadi akan memicu suatu perasaan atau emosi tertentu. Dalam istilah psikologi klasik, anchor adalah suatu stimulus yang memicu reaksi khusus. Anchor dapat terjadi dengan sendirinya (alami), dapat pula di ciptakan secara sengaja. Di sekeliling kita ada banyak contoh anchor yang mempengaruhi keadaan emosi kita. Sebuah senyuman adalah contoh sederhan

State dalam NLP

State dalam NLP adalah suatu keadaan di mana pikiran, perasaan dan fisiologi tubuh yang saling berhubungan membentuk kondisi dalam diri Anda. Misalnya, state Anda dalam keadaan bersemangat tentu akan berbeda sekali dengan state Anda ketika dalam keadaan frustasi. State merupakan istilah yang sering ditemui dalam pembahasan NLP. State merujuk pada sejumlah proses neurological (gestalt of neurological processes) yang berlangsung pada diri seseorang yang terus berlangsung dari waktu ke waktu. Sebuah state adalah gabungan dari kondisi fisik dan mental yang mendasari seseorang dalam berperilaku. Selain itu, statedimana seseorang berada adalah merupakan reaksi bawah sadar terhadap apa yang dialami saat itu. State atau lengkapnya STATE OF MIND adalah keadaan menyeluruh antara tubuh dengan keadaan neurologisnya yang berupa pikiran, perasaan dan kecenderungan untuk bertindak bahkan tindakan. State ini akan saling mempengaruhi dengan posisi tubuh, pikiran, perasaan dan tindakan yang

Membuka Kunci Motivasi dengan NLP

Salah satu pembahasan yang sangat menarik dalam NLP adalah Meta Program dengan mengusai meta program kita akan sangat efektif mengetahui gaya atau sumber Motivasi diri sendiri maupun orang lain. Pernahkah kita pernah begitu susah meminta anak kita untuk belajar maupun mandi ? Pernahkita merasa begitu prustasi karna karyawan anda susah di motivasi,padahal sudah di peringatkan berkali kali ? Atau menemukan diri begitu termotivasi di hal tertentu tapi begitu malas mengerjakan hal lain padahal itu cukup penting !!  Meta program adalah cara untuk meningkatkan kesadaran diri dan lebih memahami orang-orang di sekitar kita. kita dapat menggunakannya untuk memperbaiki cara Anda berkomunikasi dengan diri sendiri maupun orang lain,untuk membantu meningkatkan efektivitas ketika berkomunikasi atau berbisnis dengan orang lain. Menggunakan bahasa (kata-kata) yang sesuai dengan metaprogram seseorang akan mempermudah seseorang itu untuk mengerti dan menerima kata-kata kita. mempercepat proses dan