Langsung ke konten utama

Cara Manusia Memodel Dunia

NLP Model Komunikasi menjelaskan bagaimana kita mengambil informasi dari dunia luar ke dalam sistem neurologi dan bagaimana proses yang ada pada gilirannya mempengaruhi pikiran, perasaan dan perilaku.
Bagaimana manusia membuat penilaian terhadap kehidupan, Dunia yang kita lihat sama namun memiliki rasa dan cara menjalani kehidupan yang berbeda,keputusan yang berbeda dan menhasilkan tindakan yang berbeda.
Model di ibaratkan sebuah petunjuk dan tentunya sebuah petunjuk terkadang belum tentu akurat arahnya,mkasudnya apa yang kita pikirkan belum tentu itu sebuah kebenaran itu hanyalah sebuah gambaran,secara sederhana NLP adalah mengenali dan memahami manusia memodel kehidupanya sendiri dan bagaimana menciptakan realita dalam pikiranya sendiri.
Realita di pikiran belum tentu realita di dalam kehidupan seperti Peta yang bukan wilayah sebebanrya hanya sebgai petunjuk,semakin baik dan akurat peta semakin mudah kita menjalani petunjuknya.

Dalam memodel Manusia secara sederhana di bagi menjadi 3 Bagian 
Input > Proses>Output

Input    = Pancaindra = Visual,Auditory,kinestetik,Olfactory,Gustory
Proses = Neuroligical Transforms > Firs Access > Lingustic Trnasform > MAP
Output = Behaviour, Action,Respons
------------------------------------------------
Proses pertama kali masuknya informasi berawal dari sebauh panca Indra mungkin kita melihat sesuatu secara Visual, mendengarkan suara tertentu secara Audiotry,merasakan/menyentuh sesuatu secara kinestetik.
Kemudian Informasi tersebut di Proses sehingga menjadi Pengalaman Internal atau sering di sebut sebagai representasi Internal (MAP).

Atau di sebut juga pengalaman internal,tapi sebelum menjadi representasi internal pikiran dan perasaan memiliki beberapa lapis filter yang menjadikan informasi itu begitu sederhana dan tidak utuh karna informasi akan mengalami rpses Deletion (Penghapusan) Generalization (Penyamarataan) dan Distorsi 
( Deletion ).

Disinilah kita semakin memahami bahwa Peta bukanlah wilayah yang sebenarnya.

Deletion anda menghapus sebagian informasi pada sebauh peta,kita tidak menggambar sebauh mobil di dalam peta tidak menggambar rumah kecuali petunjuk tertentu sebagai symbol.
Ini seperti kita melkaukan sebuah perjalanan di jalan tersebut kita tidak memperhatikan apa yang ada di sekeliling kita baik rumah,toko atau bangunan di sekeliling jalan tersebut baru sadar ketika kita membutuhkan sesuatu dan mencari toko tertentu dan teryata ada pada jalan yang sering kita lewati,pikiran terjadi Deletion informasi sampai kita menyadari dan memfokuskanya. 
Otak kita secara ilmiah akan memilih informasi yang berguna bagi dirinya sementara yang lain akan di hapus Hal ini bermanfaat supaya otak tidak dibanjiri oleh informasi yang tidak berguna tapi disisi lain terkadang kita membutuhkan informasi yang teryata berguna untuk kita.

Contoh Deletion yang sering terjadi adalah ketika teman atau orang lain melkaukan hal – hal yang di anggap salah oleh kita. Pada saat itu kita melupakan kebaikan yang pernah di perbuat.

Generalization dalam menggambar sebuah peta semua jalan di gambar dengan bentuk yang sama tidak peduli wujud yang seaslinya bagaimana mungkin halus maupun berlubang semunya di gambarkan dengan sama.
Generalisasi adalah sebuah proses belajar seperti membuat kesimpulan ketika kita pernah tergores benda tajam kita akan lebih hati – hati ketika melihat benda tajam seperti pisau silet dan lain – lain hal ini sangat berguna mempermudah otak membuat kesimpulan sehingga proses berpikir menjadi lebih sederhana.

Contoh saja ketika kita belajar mengendarai motor bebek dari merk x kemungkinan besar kita akan bisa mengendarai motor dari jeni merk y karna di buat dengan pola generaliasi. 
Dan terjadinya Fobia maupu trauma ini juga bagian dari generalisasi otak, seperti seorang perempuan yang beberapakali di sakiti oleh laki – laki dan memberikan kesipulan semua laki – laki sama “ Buaya Darat” ini adalah efek generelesasi yang berlebihan padahal buaya adalah termasuk hewan yang setia kepada pasanganya he he,..Memang ada laki laki yang kadang suka mempermainakan perempuan tapi lebih banyak laki – laki yang baik tentnunya contohnya saya,..

Bukan proses pikiran yang buruk tapi bagaimana kita bisa menempatkan dan memanafaatkanya.

Distortion pada saat kita melihat peta sebagian besar informasi telah berubah dari aslinya mejadikan jalan lebih kecil dari sebelumnya atau di buat skala perbaindingan tertentu.
Di dalam proses berpikir kita biasanya mengkiatkan pad ahubungan yang tidak semestinya yang menjadikan apa yang kita pikrkan lebih kecil atau lebih besar dari semestinya.

Distorsi menghubungkan sesuatu yang tidak logis atau tidak ada hubunganya sama sekali,melihat seorang teman yang bertemu dan tidak menyapa kita membuat kesimpulan bahwa dia sombong, melihat wajah seseorang merah beranggapan marah ketika melihat teman saat kuliah jarang kulah ber anggapan malas.

Sekali lagi ini bukan masalah benar dan salah baik dan buruk tapi bagaimana kita mampu menempatkan diri kanr akan ada banyak kemungkinan namun proses Distorsi menjadi sederhana untuk membuat penilaian untuk mempermudah.

Ketika teman jarang berangkat kuliah bisa saja dia sudah bekerja dan memiiki kesibukan yang tidak bisa di tinggal,ketika tidak menyapa bisa saja ia tidak melihat saat itu justru anda yang seharusnya memulai duluan.

Distorsi bisa menjadi sangat bermanfaat sekali misalnya ketika kita membuat tombol ancor di dalam tubuh kita kita menghubungkan sebuah kepalan tangan kanan menjadikan kita bersemangat,kita bisa menghubungkan suara tertentu menjadikan evek nyaman dan tenang.

Contoh lain adalah proses perencanaan masa depan dengan membayangkan atau memvisualisasikan sesuatu juga menggunakan distorsi, sebagai cara membangun tujuan masa depan yang lebih baik.Menghubungkan warna merah dengan berani menghubungkan warna putuh dengan suci,apakah hal ini ada hubunganya ? bisa iya bisa tidak tergantung makna dan distorsi yang kita buat.

Postingan populer dari blog ini

Anchor – Jangkar Emosi Manusia

Sebelum saya bahas tentang Ancor sebuah pembahasan yang sangat penting dalam NLP,anda boleh meng ingat ingat dengan pertanyaan yang saya ajukan Pernahkan  anda berusaha menghindar untuk bertemu seseorang,karna ketika ketemu orang tersebut emosi anda kurang nyaman ? atau sebaliknya anda ingin sering ketemu seseorang,karna setiap kali ketemu ada sensasi perasaan yang tak terlukiskan ?  Pernahkah anda ketika mendengarkan sebuah lagu,lalu seakan akan pikiran anda melayang ke masa lalu ?  Pernahkan ketika anda merasakan sebuah masakan tertentu menjadikan anda ingat kepada masakan ibu anda ?  Anchor  dalam NLP adalah suatu hal yang jika terjadi akan memicu suatu perasaan atau emosi tertentu. Dalam istilah psikologi klasik, anchor adalah suatu stimulus yang memicu reaksi khusus. Anchor dapat terjadi dengan sendirinya (alami), dapat pula di ciptakan secara sengaja. Di sekeliling kita ada banyak contoh anchor yang mempengaruhi keadaan emosi kita. Sebuah senyuman adalah contoh sederhan

State dalam NLP

State dalam NLP adalah suatu keadaan di mana pikiran, perasaan dan fisiologi tubuh yang saling berhubungan membentuk kondisi dalam diri Anda. Misalnya, state Anda dalam keadaan bersemangat tentu akan berbeda sekali dengan state Anda ketika dalam keadaan frustasi. State merupakan istilah yang sering ditemui dalam pembahasan NLP. State merujuk pada sejumlah proses neurological (gestalt of neurological processes) yang berlangsung pada diri seseorang yang terus berlangsung dari waktu ke waktu. Sebuah state adalah gabungan dari kondisi fisik dan mental yang mendasari seseorang dalam berperilaku. Selain itu, statedimana seseorang berada adalah merupakan reaksi bawah sadar terhadap apa yang dialami saat itu. State atau lengkapnya STATE OF MIND adalah keadaan menyeluruh antara tubuh dengan keadaan neurologisnya yang berupa pikiran, perasaan dan kecenderungan untuk bertindak bahkan tindakan. State ini akan saling mempengaruhi dengan posisi tubuh, pikiran, perasaan dan tindakan yang

Membuka Kunci Motivasi dengan NLP

Salah satu pembahasan yang sangat menarik dalam NLP adalah Meta Program dengan mengusai meta program kita akan sangat efektif mengetahui gaya atau sumber Motivasi diri sendiri maupun orang lain. Pernahkah kita pernah begitu susah meminta anak kita untuk belajar maupun mandi ? Pernahkita merasa begitu prustasi karna karyawan anda susah di motivasi,padahal sudah di peringatkan berkali kali ? Atau menemukan diri begitu termotivasi di hal tertentu tapi begitu malas mengerjakan hal lain padahal itu cukup penting !!  Meta program adalah cara untuk meningkatkan kesadaran diri dan lebih memahami orang-orang di sekitar kita. kita dapat menggunakannya untuk memperbaiki cara Anda berkomunikasi dengan diri sendiri maupun orang lain,untuk membantu meningkatkan efektivitas ketika berkomunikasi atau berbisnis dengan orang lain. Menggunakan bahasa (kata-kata) yang sesuai dengan metaprogram seseorang akan mempermudah seseorang itu untuk mengerti dan menerima kata-kata kita. mempercepat proses dan