Langsung ke konten utama

Raport Building - Membangun Keakraban


kira – kira kepada siapa anda berani menyampaikan/menceritakan masalah yang anda hadapi ? jika anda di nasehati siapa orang yang paling anda dengarkan ? ketika anda membeli kepada siapa yang akan membeli barang yang anda butuhkan ? Tentunya bukan sekedar kepada orang yang anda kenal bukan namun orang yang anda Percayai/Trust

Berkomunikasi,belajar,bertransaksi maupun berhubungan keseharian pastinya kita akan memilih terlebih dahulu kepada orang yang kita kenal dan kita percaya atau yang di sebut dengan Trust, kepercayaan dapat di bangun melalui keakraban (Raport).

Raport dimana kondisi saling terhubung atau merasa ada kedekatan hubungan,misalnya kita pergi ke sebuah kota lalu kita bertemu seseorang yang awalnya tidak kenal setelah kenalan ko teryata dari kota yang sama,biasanya kekaraban begitu mudah di bangun karna merasa ada kesamaan.

Tujuan membangun keakraban hubungan ( Raport ) 

1. Mempermudah komunikasi dan meminimalkan hambatan komunikasi

Kita sangat sering bertemu dengan seseorang yang tak di kenal lalu kita coba berbincang atau sekedar menyapa,mungkin pada saat awal perbincangan yang kita lakukan hanyalah sambil lalu karna belum terjalin raport,atau seorang guru yang memberikan materi namun siswa asik dan ngobrol sendiri karna belum terjalin raport,banyak komunikasi yang kita lakukan namun kurang efektif di sebabkan raport belum terjalin dengan baik. 

2. Membangun Kepercayaan ( Trust)

Tujuan dari membangun raport agar terjalin keakraban dan terjadi saling percaya sehingga dari hal tersebut tujuan dari komunikasi dan melangkah ke tahap selanjutnya lebih mudah, mudah akrab bahkan mudah terjadi sebuah transaksi bisnis.

Dalam komunikasi menunjukan ada suatu informasi yang dikirim dan diterima, dan ternyata setiap informasi yang diterima oleh lawan bicara (Komunikan) memberikan suatu respon secara tidak sadar. Respon secara tidak sadar John Grinder meyebutnya (Unconscious Responsiveness) yaitu ketika seseorang merespon anda secara non verbal melalui gerakan tubuh atau intonasi suara yang terjadi secara unconsius.

Lalu bagaiaman caranya membangun Raport ?

Dalam membangun rapport, NLP memperkenalkan tahapanya pacing dan leading, 

Pacing : Menyamakan / Menyelaraskan - Bisa menyamakan pembicaraan tentang hobi,makanan,pendidikan,keluarga,pekerjaan dll

Menyelerasaaskan bisa saja menyamakan bahasa tubuh,pola nafas,bahkan memahami keyakinanya.

Hal terpenting yang perlu kita ketahui adalah ketika melakukan proses Matching atau Mirroring lakukan dengan sangat natural. Bahkan tidak semua gerakan lawan bicara wajib kita ikuti. Biarkan proses tersebut berjalan secara alami. 

kerangka membangun komunikasi yang baik, adalah sebagai berikut:

Pacing —> Calibration —> Leading

Calibration / kalibrasi : Merupakan tolok ukur untuk menentukan saat yang tepat untuk Memimpin.Pada saat yang tepat lakukan perubahan posisi atau gerakan tubuh secara tiba-tiba dan perhatikan apakah lawan bicara melakukan gerakan yang kurang lebih sama (mengikuti) dengan apa yang kita lakukan. Lakukan hal ini kurang lebih 3 (tiga) kali dengan adanya jeda waktu. Jika lawan bicara sudah mulai mengikuti gerakan kita, berarti sudah terjalin raport dan selanjutnya 

Leading : Memimpin. Tujuan dari komunikasi adalah leading (memimpin) arah komunikasi,dalam komunikasi dengan hal ini kita akan lebih mudah melakukan penjualanan maupun memberikan arahan atau apapun yang paling penting sudah terjalin Trust terlebih dahulu.

Postingan populer dari blog ini

Anchor – Jangkar Emosi Manusia

Sebelum saya bahas tentang Ancor sebuah pembahasan yang sangat penting dalam NLP,anda boleh meng ingat ingat dengan pertanyaan yang saya ajukan Pernahkan  anda berusaha menghindar untuk bertemu seseorang,karna ketika ketemu orang tersebut emosi anda kurang nyaman ? atau sebaliknya anda ingin sering ketemu seseorang,karna setiap kali ketemu ada sensasi perasaan yang tak terlukiskan ?  Pernahkah anda ketika mendengarkan sebuah lagu,lalu seakan akan pikiran anda melayang ke masa lalu ?  Pernahkan ketika anda merasakan sebuah masakan tertentu menjadikan anda ingat kepada masakan ibu anda ?  Anchor  dalam NLP adalah suatu hal yang jika terjadi akan memicu suatu perasaan atau emosi tertentu. Dalam istilah psikologi klasik, anchor adalah suatu stimulus yang memicu reaksi khusus. Anchor dapat terjadi dengan sendirinya (alami), dapat pula di ciptakan secara sengaja. Di sekeliling kita ada banyak contoh anchor yang mempengaruhi keadaan emosi kita. Sebuah senyuma...

Perubahan Cepat dengan Swish Pattern

Salah satu teknik yang efektif dan menyenangkan dalam aplikasi NLP adalah Swish Pattern biasa di gunakan untuk merubah Prilaku yang kurang baik menuju prilaku yang di inginkan seperti mengganti kecanduan rokok,kurang Motivasi menjadi termotivasi menggigit kuku,ketakutan berbicara di depan umum dan yang lainya.  Sederhananya Swish pattern adalah cara menganti prilaku lama ke prilaku baru yang di inginkan. bagaiman teknik swish patern bekerja ?   Oke saat ini sebuatkan makanan Favorit anda ? bayangkan orang yang anda cintai ? setiap tindakan perasaan pasti ada pemicu awalnya seperti orang yang sudah kecanduan rokok ketika ia berkumpul dengan teman teman perokok melihat rokok biasanya tidak tahan untuk segera merokok,seperti seseorang yang takut berbicara di depan umum ketakutan muncul ketika di minta berdiri di panggung atau memegang mic hal ini menjadi pemicu munculnya rasa grogi.  Pemicu awal tersebut bisa berupa gambar (Visual) bisa juga Suara (Audiotori) ...

NLP Presupposition

Sebagai ilmu tentang pemberdayaan Diri dalam pembahasan NLP tidak lepas dari Presupposition yang menjadikan sebagai landasan berpikir dan bertindak Presuppositions ini juga yang menjadi landasan berbagai prinsip, teknik, metode di NLP.  Sebelum melangkah ke teknik,metode dan mengembangkan NLP kita perlu tahu apa manfaatnya mengetahui, memahami dan internalisasi Presuposisi NLP itu setidaknya ada 2 manfaat memahami Presuppostion NLP  Pertama adalah untuk memberikan makna positif terhadap sesuatu, atau untuk membingkai ulang representasi internal, hal ini bisa memberikan makna positif bagi diri kita.  Kedua adalah ketika kita menggali dari apa yang dikatakan oleh orang lain saat berkomunikasi, kita dapat menemukan apa yang terjadi di dalam map of the world-nya (rep. Internal), kita menyadari bahwa setiap orang berbicara berdasarkan persepsinya, hingga dapat mencegah konflik saat terjadi ketidaksepahaman.  NLP presupposition adalah sejumlah ide utam...